Cara
Mengajar Bahasa Inggris dengan Lagu
Menggunakan musik
dalam Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (ESL) kelas tidak hanya alat
pendidikan, ini adalah cara untuk membuat belajar lebih menarik dan berkesan
bagi siswa dari semua tingkatan. Tidak peduli apa usia siswa Anda, Anda dapat memasukkan lagu ke dalam
pelajaran bahasa Inggris Anda dengan cara yang akan membantu mereka
meningkatkan mereka mendengarkan, berbicara dan keterampilan pemahaman secara
keseluruhan. Pada saat yang sama, suasana yang
menyenangkan dapat mencapai siswa yang tidak dirangsang dengan metode
pengajaran tradisional.
Instruksi
o
1
Tinjau rencana pelajaran Anda untuk hari itu dan
menentukan konsep-konsep kunci yang ingin Anda ajarkan. Ini bisa apa saja
spesifik seperti "progresif konjugasi kata kerja" untuk sesuatu yang
lebih umum, seperti "meningkatkan keterampilan berbicara."
o
2
Putuskan apakah Anda ingin memasukkan lagu yang siswa akan menyanyi
(terbaik untuk bekerja pada kemampuan verbal) atau mendengarkan (lebih baik
untuk mendengarkan keterampilan), atau kombinasi keduanya. Pilih lagu dari
materi pengajaran Anda, atau membuat sendiri. Cara termudah untuk
menciptakan lagu sendiri untuk mengajar Bahasa Inggris adalah memilih lagu yang
terkenal dengan melodi yang sederhana, seperti "Mary Had a Little
Lamb" atau "Three Blind Mice," kemudian menulis kata-kata Anda
sendiri, menggabungkan konsep Anda ingin menegakkan. Pengulangan adalah
kunci, sehingga membuat lagu yang sederhana dan berulang-ulang, dengan fokus
pada keahlian atau keterampilan yang Anda ingin bekerja di dalam pelajaran
Anda.
o
3
Mintalah siswa mendengarkan lagu-lagu setidaknya sekali sebelum mencoba
untuk menyanyi. Sementara beberapa anak suka menyanyi, orang lain dapat
menjadi pemalu dan menarik diri karena intimidasi. Play atau model lagu
untuk mereka dan meninjau lirik sebelum memiliki mereka mencobanya sendiri.
o
4
Menyelingi lagu sepanjang pelajaran. Sebagai contoh, untuk setiap lima
menit yang Anda habiskan ceramah, menghabiskan satu menit mendengarkan atau
bernyanyi.Tidak hanya akan membantu siswa aktivitas lagu ingat konsep-konsep
kunci, ini akan membantu untuk "bangun" kelas dan memastikan semua
orang memperhatikan.
o
5
Pilih lagu-lagu populer (bukan sajak) dan lebih berfokus pada mendengarkan
dan diskusi daripada menyanyi untuk siswa yang lebih tua atau lebih maju,
Sebagai contoh, jika siswa belajar konsep menantang verba phrasal, menyediakan
mereka dengan selembar lirik dengan kata-kata untuk sumur terkenal lagu dan
mereka menyorot semua kata kerja phrasal mereka lihat. Memutar lagu,
kemudian mendiskusikan bagaimana orang-verba yang digunakan dalam konteks untuk
melihat apakah siswa dapat membedakan makna. Memutar lagu lagi untuk
membantu memperkuat bagaimana orang-verba phrasal digunakan, yang akan membantu
siswa mengingat.